Pemkab Bekasi Bakal Dapat Suplai Vaksin Bagi Ibu Hamil Dan Menyusui

8

Esa Asa Kita News | Kabupaten Bekasi- Mengingat Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 tahun 2021, pemerintah pusat melakukan peluncuran vakinasi bagi ibu hamil, menyusui dan anak usai 12-18 tahun di Istana Wakil Presiden RI.

“Kita masih dalam pendataan karena program ini baru dicanangkan, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa segera berjalan vaksin untuk ibu hamil, menyusui dan anak usai 12-18 tahun di Kabupaten Bekasi,” jelas Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asda 1) Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna, selasa (29/06).

Plt Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi itu mengakui tak menutup kemungkinan ibu hamil dan menyusui terserang Covid-19.

Oleh karena itu, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi untuk pendataan penerimaan vaksin Covid-19.

“Meskipun sampai saat ini belum ada laporan resmi yang diterima pemerintah Kabupaten Bekasi mengenai adanya ibu hamil dan menyusui terpapar corona,” katanya.

“Kalaupun ada yang terpapar Covid harus ada penanganan khusus. Misalnya dari tempat yang tidak bisa disamakan dengan yang lain,” lanjutnya.

Yana juga belum bisa memastikan jumlah suplai vaksin yang akan diterima Pemkab Bekasi dari pemerintah pusat.

“Kita bisa saja meminta dengan jumlah kebutuhan yang ada. Kalau misalkan pusat tidak bisa mengirimnya sekali, kemungkinan bertahap,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bekasi, Farid Setiawan akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan mengenai tindaklanjut program Pemerintah Pusat tersebut.

“Karena ini masih perencanaan, maka secepatnya kami akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan mengenai program vaksinasi itu,” tandasnya (Bis).