Dinas DPMPD Kabupaten Bekasi Sosialisasikan Pengelolaan Dana Desa

26

Esa Asa Kita News| Kedungwaringin- Dinas DPMPD Kabupaten Bekasi laksanakan sosialisasi terkait pengelolaan anggaran dana desa kepada seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Kedungwaringin.

Acara yang digelar di Gedung Aula Desa Waringinjaya, kamis (8/4). Kepala Dinas DPMPD Kabupaten Bekasi, Ida Farida mengatakan forum kegiatan ini dilakukan karena ada evaluasi permohonan-permohonan desa yang terlambat.

“Kami sudah mengunjungi beberapa desa dan bisa kami selesaikan, sebab uang ini ditunggu oleh masyarakat,” ucapnya.

Ditanya mengenai dana silpa desa ia menyebutkan untuk anggaran silpa tahun sebelumnya bisa digunakan pada tahun depan, namun hal itu mesti melalui Musyawarah Desa (Musdes) terlebih dahulu.

“Perencanaan uang silpa tahun 2020 disusun menjadi perencanaan tahun 2021 yang dituangkan dalam Musdes setelah itu disusun dalam sebuah Rapbdes,” kata dia.

Nantinya, menurut Ida Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa menjadi bahan pencairan Dana Desa (DD).

“Kalau anggran Silpa tersebut tidak digunakan akan ditarik lagi ke kas negara,” singkatnya.

Sementara, Kepala Desa Bojongsari, Kecamatan Kedungwaringin, Mulyana Saepul menuturkan penyuluhan ini mengenai pencairan anggaran dana desa dan regulasi yang sudah ditetapkan pada tahun 2019 lalu.

“Di tahun 2021 adalah titik ukur dan setiap kegiatan harus melalui pihak ke tiga,” tuturnya.

Kata dia, setiap kebijakan atau keputusan ada kendala apalagi sistem sekarang berubah-ubah sehingga menjadi hambatan bagi Kepala Desa. (Bis).