Giat Donor Darah Massal Oleh Puskesmas Se-Kecamatan Cikarang Selatan Sambut Hari Kesehatan Nasional

27

ESA ASA KITA NEWS | CIKARANG SELATAN,- Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-56 tahun 2020, Kecamatan Cikarang Selatan bersama Muspika dan Puskesmas Sukadami serta Puskesmas Cibatu, Kabupaten Bekasi mengadakan kegiatan sosial Donor darah massal yg aman di era pandemi COVID-19 yg dilaksanakan di Kantor Kecamatan Cikarang Selatan pada hari Rabu, 25 November 2020 jam 07.30 WIB sampai dengan selesai.

Menurut kepala Puskesmas Sukadami dr Adi pranaya, untuk sosialisasi 3 hal penting yg bisa di persiapkan supaya meminimalisir hal yang tidak di ingin kan, kriteria yang tidak masuk dan akan di tolak.

“Yaitu 1. Tidak minum obat 3 hari sebelum donor, 2. Jarak Makan/ngemil ke donor min 3 jam, 3. Tidur malam sebelum donor minimal 5 jam, untuk tenaga kesehatan dan pendonor yang shift malam tidak boleh donor.” Ungkapnya.

Menurut Adi pranaya Persyaratan lolos seleksi donor adalah 1.Usia 17-60 tahun (usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orangtua), 2. Berat badan minimal 45 kg , 3. Temperatur tubuh 36,6 – 37,5 derajat Celcius, 4.Tekanan darah baik yaitu sistole = 110-160 mmHg, diastole = 70-100 mmHg, 5. Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50-100 kali/menit.

“Selanjutnya 6. Hemoglobin perempuan dan laki-laki minimal 12,5 gram, 7. Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak 5 kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan, 8.Calon donor dapat mengambil dan menandatangani formulir pendaftaran, lalu menjalani pemeriksaan pendahuluan, seperti kondisi berat badan, HB, golongan darah, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan dokter” Ucapnya.

Adapun dalam giat donor darah Massal oleh Puskesmas Se-Kecamatan Cikarang Selatan dan dalam kegiatan tersebut didukung oleh Camat Cikarang Selatan, Koramil Cikarang Selatan, Polsek Cikarang Selatan, Desa di Kecamatan Cikarang Selatan, Puskesmas Sukadami, Puskesmas Cibatu, Forum Anak Cabang Cikarang Selatan, Saka Bakti Husada, Karang Taruna. (Ron)