Relawan Kesehatan Siap Membantu Administrasi Kesehatan Masyarakat

95
Ketua Relawan Kesehatan Bekasi 2 Kali Tambah Baik, Asep Hermawan Kosim (kanan).

CIKARANG PUSAT (Esaasakitanews.com) – Relawan Kesehatan Kabupaten Bekasi 2 Kali Tambah Baik, siap membantu masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa dipungut biaya alias gratis.

Ketua Relawan Kesehatan, Asep Hermawan Kosim mengatakan, saat ini anggota relawan kesehatan sudah tersebar di 23 kecamatan di wilayah Kabupaten Bekasi, dimana di setiap kecamatan terdapat dua anggota relawan.

“Kami siap membantu masyarakat untuk melengkapi berkas administrasi pembuatan KTP, KK atau BPJS kesehatan,” ungkapnya kepada wartawan.

Asep mengatakan, pihaknya sudah bekerjasama dengan call center SC 119 dari Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk layanan mobil ambulans rujukan, serta Baznas Kabupaten Bekasi bila ada masyarakat yang mempunyai tunggakan BPJS.

Relawan kesehatan juga bekerjasama dengan RSUD Kabupaten Bekasi untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, yang tidak mendapatkan ruang atau kamar perawatan.

Relawan kesehatan mulai terbentuk sejak tahun 2017 dan sampai saat ini masih konsisten dalam membantu proses administrasi pelayanan kesehatan masyarakat.

“Anggota kami mobile untuk melakukan jemput bola di wilayah Kabupaten Bekasi. Kami juga menekankan kepada anggota untuk tidak memungut biaya kepada keluarga pasien,” tuturnya.

Selama masa pandemi covid 19 ini, relawan kesehatan juga mengimbau kepada para kader untuk menjaga protokol kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan dengan hand sanitizer serta menjaga jarak (sosial distancing).

“Kami juga sudah melakukan pembagian 1000 masker bersama jajaran Polsek Cikarang Barat di Pintu Tol Cibitung dan di depan mall Sentra Grosir Cikarang (SGC) sekitar 3 bulan yang lalu,” tandasnya. (zal)