Mengembangkan Ekonomi Kreatif Budidaya Rumput Laut Yang Menjanjikan

202

Esa Asa Kita News | Muara gembong.- Dimasa pandemi covidb -19 yang masih melanda kabupaten Bekasi, Masyarakat muara gembong mampu bertahan dengan ekonomi kreatifnya.

Banyak masyarakat Muara gembong mengembangkan ekonomi kreatif dengan budidaya rumput laut. Rumput laut bisa dijadikan minuman, makanan ringan atau cemilan bahkan dijadikan agar -agar oleh industri atau pabrikan.

Junaedi idih atau yang akrab disapa bang idih sebagai ketua koperasi maju bersama yang ada di desa pantai sederhana kecamatan muara gembong membudidayakan rumput laut jenis gracilaria sp.

“Alhamdulillah dimasa pandemi yang melanda kabupaten Bekasi, masyarakat Muara gembong mampu bertahan dengan ekonomi kreatifnya. Rumput laut menjadi salah satu usaha yang diandalkan oleh masyarakat dan menjadi sumber penghasilan keluarga sekitar” ucapnya.

Idih, juga menerangkan koperasi yang dibinanya ini beranggotakan kurang lebih 100orang tersebar disekitaran muara gembong hingga Tarumajaya dan mampu menghasilkan 20ton rumput laut kering siap pakai setiap minggunya untuk dikirim ke perusahaan-perusahaan.

“Semoga kedepannya koperasi maju bersama bisa terus berkembang dan mampu berdaya saing serta menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahan lebih banyak lagi sehingga ekonomi masyarakat sekitar muara gembong bisa lebih baik lagi” pungkasnya. (Jiung)