IDI Sosialisasi Pentingnya Gizi Seimbang di Masa Pandemi Covid 19

156
Caption foto: Pengurus IDI Kabupaten Bekasi, Kepala Puskesmas Sukadami, Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, serta manajemen Aice Group berfoto bersama setelah kegiatan sosialisasi.

CIKARANG SELATAN (Esaasakitanews.com) – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Bekasi, menghelat kegiatan penyuluhan tentang pentingnya gizi seimbang dan sehat kepada para kader posyandu di wilayah Desa Ciantra, Kecamatan Cikarang Selatan, Minggu (5/7).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Ciantra tersebut dihadiri Pj Kepala Desa Ciantra, Husin, Kepala Puskesmas Sukadami, dr. Kurniawati, Manager HRD PT Alpen, Hayun, serta Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, BN Holik Qodratullah dan dr. Asep Surya Atmaja.

Ketua IDI Cabang Kabupaten Bekasi, dr. Mulyana Syarip Panija mengatakan, sasaran kegiatan ini adalah para kader posyandu sebagai ujung tombak dari pemerintah di bidang kesehatan yang terdekat dengan masyarakat.

“Di masa pandemi covid 19 sekarang ini, menjaga gizi yang seimbang sangat penting. Selalu menggunakan masker saat keluar rumah, serta meningkatkan imun tubuh,” ungkapnya kepada wartawan.

Mulyana menekankan bahwa kegiatan penyuluhan ini juga sebagai bentuk upaya untuk pencegahan dan penanggulangan stunting (gizi buruk) pada anak-anak di masa pandemi covid 19.

“Tujuannya supaya anak-anak bisa terbebas dari stunting dan ibu-ibu hamil juga bisa selamat baik itu ibunya maupun bayinya,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya juga mengimbau kepada masyarakat untuk olahraga 15 menit setiap hari, dan memperbanyak konsumsi olahan susu serta telur.

Selain kegiatan penyuluhan, selama masa pandemi covid 19 ini, IDI memberikan bantuan sembako dan santunan kepada marbot masjid dan anak-anak yatim, termasuk para manula dan fakir miskin.

“Kedepan kami akan melaksanakan kegiatan ini secara rutin. Nanti kami akan tentukan daerahnya dimana. Program prioritas kami juga adalah kegiatan seminar kepada para dokter, supaya mereka sebagai garda terdepan bisa lebih mendapat bekal lagi untuk memberikan edukasi promotif preventif kepada masyarakat,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Sukadami, dr. Kurniawati, menyambut positif kegiatan di masa pandemi ini, apalagi penyuluhan mengenai gizi seimbang ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Kegiatan ini memang sangat dibutuhkan karena berkaitan dengan peningkatan imunitas tubuh. Karena di masa covid ini dibutuhkan imunitas tubuh yang sangat baik, salah satunya dengan mengkonsumsi gizi yang seimbang,” ungkapnya.

Sementara itu, Brand Manager Aice Group, Sylvana Zhong, yang ikit mendukung kegiatan ini, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh IDI Kabupaten Bekasi ini, karena bisa memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai gizi seimbang khususnya di masa pandemi covid 19 sekarang ini.

“Jadi support dari aice adalah dengan ikut memberikan produk terbaru kami, yaitu es krim susu telor kepada 33 posyandu yang tersebar di wilayah Desa Ciantra ini,” tandasnya. (zal)