Tingkatkan Kamtibmas, Desa Karangasih Siagakan Personil Poldes

80

ESA ASA KITA NEWS | CIKARANG UTARA, – Untuk meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), menekan angka kriminalitas serta kenakalan remaja, aparatur Desa Karangasih menggalakkan personil Polisi Desa (Poldes) di setiap dusun.

Kepala Desa Karangasih, Samsu Dawam mengatakan, dibentuknya poldes sebagai bentuk upaya untuk melindungi dan mengayomi masyarakat, agar tidak terkena dampak dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Alhamdulillah sejak dibentuknya poldes ini angka kriminalitas di Desa Karangasih jauh berkurang dibandingkan sebelumnya, dengan demikian desa kita akan semakin aman dan nyaman,” ungkapnya kepada wartawan.

Dikatakan Samsu, aparatur kepolisian dari Polres dan Polsek sangat mengapresiasi dibentuknya Poldes ini, karena telah membantu tugas kepolisian. Untuk Poldes sendiri memiliki tiga personil yang berada di setiap dusun.

Personil Poldes direkrut dari masyarakat sekitar. Untuk teknis kerjanya, Poldes langsung berkoordinasi dengan Bimaspol ketika terjadi tindak kriminalitas di lapangan, karena Poldes bukan institusi penegak hukum.

Poldes hanya membackup sementara saat terjadinya kejadian kriminalitas dan kejahatan. Selebihnya poldes berkoordinasi dengan pihak yang berwenang dalam hal ini pihak kepolisian dari Bimaspol dan Polsek Karangasih.

“Personil Poldes setiap hari melakukan patroli keliling lingkungan. Poldes coba memastikan keamanan dan menerima informasi dari masyarakat yang melihat tindak kriminalitas,” tegasnya.

Dalam bekerja, personil Poldes dilengkapi dengan fasilitas kendaraan, serta alat pelindung seperti jaket dan helm. Untuk personil Poldes lebih disiagakan pada malam hari karena tindak kriminalitas kerap terjadi pada malam hari.

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak sekolah di wilayah Desa Karangasih, untuk mengawasi siswa yang berkeliaran diluar sekolah saat jam pelajaran, karena siswa dan remaja yang kerap berkumpul itu rawan terjadinya kenakan remaja,” tandasnya. (zal)