RSUD Cabangbungin Akan Menjadi Rumah Sakit Infeksius

178

Esa Asa Kita News| Cabangbungin- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cabangbungin mendapat kunjungan dari Dinas Kesehatan dan anggota Dewan Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi bertujuan monitoring kondisi rumah sakit rujukan Covid 19.

Jadi nanti rencananya, kata Direktur RSUD Cabangbungin, H. Markenlly rumah sakit ini akan menjadi tempat rujukan pasien positif Covid 19 dari Bapelkes Cikarang.

“Kedepannya rumah sakit ini juga akan menjadi rumah sakit infeksius. Adapun kekurangan sarana, prasarana dan tenaga medis itu akan kami tambah agar lebih memadai,” kata dia.

Dia menambahkan, karena masih dimasa pandemic Covid 19 pemerintah Kabupaten Bekasi meminta RSUD Cabangbungin jadi rumah sakit khusus pelayanan Covid 19.

“Kami berharap adanya rumah sakit rujukan ini bisa membantu masyarakat umum, bukan hanya warga Kabupaten Bekasi aja namun Karawang bahkan Kota Bekasi. Jadi rumah sakit ini akan sama dengan rumah sakit Suroso Jakarta,” tambahnya.

Sementara itu, Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Bekasi, dr Alamsyah mengatakan, saat ini pihak pemkab tengah merehab sejumlah ruangan di RSUD Cabangbungin agar dapat dipergunakan dalam menangani pasien Covid-19.

“Nantinya akan menjadi rumah sakit khusus untuk menangani ODP (Orang dlDalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) di RSUD Cabangbungin,” kata Alamsyah

Pemerintah Kabupaten Bekasi menargetkan dalam waktu 14 hari ke depan RSUD Cabangbungin sudah dapat difungsikan untuk menangani pasien Covid-19.

Selain sarana dan prasarana, para tenaga medis juga tengah dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan dalam penyelenggaraan penangangan khusus Covid-19.

“Kami sedang menyusun rencana kebutuhan yang diperlukan mulai dari sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung rumah sakit, dan yang paling utama ialah ketersediaan tenaga medis seperti dokter dan perawat, mudah-mudahan dalam 2 minggu ke depan semua sudah bisa dipenuhi,” ujarnya.

Terpisah, Anggota Dewan Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Dr. Asep Surya Atmaja mengatakan, karena kondisi rumah sakit belum memadai, jadi, pasien Covid 19 dilimpahkan ke Bapelkes Cikarang.

Tetapi nanti untuk kedepannya RSUD Cabangbungin ini akan menjadi rumah sakit kedua di Kabupaten Bekasi setelah RSUD Cibitung.

“RSUD Cabangbungin juga akan menerima pasien rujukan Jamkesda, BPJS dan mempersiapkan tenaga medis dokter spesialis serta umum bagi masyarakat,” imbuhnya.

“Tentunya dengan pasilitas yang memadai masyarakat utara dapat terlayani dalam kesehatan,” tambahnya.

Dia mengatakan, rumah sakit ke dua setalah RSUD Cibitung ini sedang masa persiapan.

“Untuk persyaratannya sudah ada tetapi belum BLUD. Oleh sebab itu kami medorong RSUD Cabangbungin untuk BLUD,” tandasnya (Bis).