Saeful Rohman : Pelayanan Mobil Keliling Disdukcapil Sangat Membantu Masyarakat

170

Esa Asa Kita News | Kedungwaringin- Pemerintah Desa Karangsambung berikan pelayanan pembuatan berkas identitas diri melalui mobil keliling Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bekasi.

Bidang Pemerintahan Desa setempat, Saeful Rohman menyebutkan sebanyak 102 akteu kelahiran sudah dibagikan kepada warga, pembagian dilakukan di Kantor Desa Karangsambung, (19/2/2020).

“Untuk melengkapi identitas, tentunya program pelayanan mobil keliling ini sangat membantu dan mempermudah masyarakat untuk memiliki catatan kependudukan yang lengkap dan valid,” ungkapnya.

Selain memberikan kemudahan, kata dia, masyarakat juga diharapkan dapat memanfaatkan hal itu untuk mendukung program pemerintah agar semua masyarakat dapat memiliki catatan kependudukannya.

“Dari 119 orang yang mengajukan untuk pembuatan akteu, sekitar 17 berkas ditolak atau dikembalikan lagi dengan alasan sudah pernah membuat tapi belum juga terbit karena biodatanya tidak sesuai dan perlu direvisi lagi,” terangnya.

Pelayanan yang diberikan melalui mobil keliling ini sesuai dengan catatan sipil pada bidangnya yaitu Akta Kelahiran, Akta Kematian (tidak lebih dari 1 tahun), Akta Perkawinan, dan Akta Perceraian.

“Saya berharap program mengenai data kependudukan bisa terus dikembangkan dan bisa dilaksanakan di setiap Desa agar masyarakat dengan mudah untuk memiliki data kependudukannya sehingga terciptanya 1 nama satu identitas,” tandasnya (Bis).