Kadis DPMD Kabupaten Bekasi Berikan Pelatihan Tatanan Profile Desa

54

Esa Asa Kita News | Ci.karang Pusat- Pemerintah Kabupaten Bekasi gelar pelatihan profil desa tahun Anggaran 2020, kegiatan itu dilakukan agar desa dapat menggambarkan dengan jelas tentang kondisi nyata kependudukan, kelembagaan, potensi serta tingkat perkembangan desa.


Kepala Dinas DPMD Kabupaten Bekasi, Ida farida menegaskan dilakukannya kegiatan ini Pemerintah Desa dapat menginput data profil dengan Akurat, lengkap dan valid.

Tujuannya demi menggali semua potensi yang ada serta merencanakan pengembangan untuk mewujudkan desa yang maju dan mandiri.

“Pertama kegiatan ini di lakukan berdasarkan Peraturan dalam Negeri Nomor 12 tahun 2017, tentang penyusunan data profil Desa dan Kelurahan dalam rangka tertib Administrasi pemerintahan,” tegasnya.

Ida menambahkan, perlu perencanaan pembangunan yang tepat dan terarah di setiap level pemerintahan sangatlah bergantung kepada profil yang berada di Kabupaten Bekasi.

“Perlu diingat pada tahun 2019 hanya 124 Desa dari 180 Desa yang sudah input data profil Desa dengan catatan, Klasifiksi Swamsebada 3 Desa, klasifikasi Swakarya 36 Desa dan Kalsifikasi Swadaya 85 Desa, tentunya ini perlu di tingkatkan lagi,” tambahnya.

Selain itu, kata dia, sesuai dengan keputusan Bupati Bekasi Nomor 140/kep.329-DPMD/2019 tentang kelompok kerja sebagaimana dimaksud mempunyai tugas memfasilitasi pengumpulan dan pengolahan analisis.

“Dan ini yang kita harapkan bahwa Desa yang berada di Kabupaten Bekasi bisa menjadi Desa unggulan dengan memiliki dedikasi serta memiliki keinginan untuk memajukan wilayah dengan dimulai dari desa,” pungkasnya (ADVETORIAL/SEP)