Ini Peralihan Nama Desa Menjadi Kelurahan Di Kabupaten Bekasi.

46

Esa Asa Kita News | Cikarang Pusat- Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) targetkan Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya berganti status menjadi kelurahan pada tahun 2020.

Hal itu lantaran kaitan dengan Rancangan Peraturan Daerah Alih Status Desa menjadi Kelurahan ke dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) DPRD Kabupaten Bekasi.

“Pemerintah Desa Setia Asih telah mengajukan perubahan status dari Desa menjadi Kelurahan pada tahun 2018 sesuai hasil Musyawarah Desa (Musdes),” ucap Kepala Dinas DPMD Kabupaten Bekasi, Ida Farida.


Kata dia, saat ini naskah akademik terkait perubahan alih status itu sudah di bagian hukum sebelum nantinya diserahkan ke DPRD Kabupaten Bekasi untuk dibahas.

“Sejauh ini baru Desa Setia Asih yang mengajukan untuk beralih status, sementara desa lainnya belum dilakukan. Sepanjang ada usulan dari tingkat bawah, pasti akan kami proses,” katanya.

Dengan beralih statusnya Desa Setia Asih menjadi kelurahan, maka kedepannya jumlah Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Bekasi akan mengalami perubahan dari 180 Desa dan 7 kelurahan menjadi 179 Desa dan 8 Kelurahan

“Tentunya dengan dialihkannya desa menjadi kelurahan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, karena seluruh aparaturnya berasal dari pegawai Pemkab Bekasi,” pungkasnya. (Adv/Jiung)